Sunday, March 24, 2013

Sistematika Penulisan Makalah


Sistematika Penulisan Makalah

HALAMAN SAMPUL
Makalah diberi sampul dengan menggunakan kertas tebal (kertas kambing). Sampul depan minimal berisi judul makalah, logo, nama penulis, nama sekolah dan tahun ajaran.

DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Pada bagian ini memaparkan gejala-gejala kesenjangan antara teori dengan praktik, atau harapan dengan kenyataan, atau tujuan dengan hasil yang dicapai, atau kebijakan dengan kenyataan yang ada di lapangan. Ada kesenjangan tersebut bila tidak dibahas maka akan menimbulkan kerugian bagi pendidikan. Selain hal tersebut perlu juga dikemukakan argumentasi pentingnya pembahasan. Penulis perlu mengungkapkan teori-teori, temuan hasil penelitian, dan studi pendahuluan yang dilakukan guna memperkuat identifikasi masalah.

B.     Rumusan Masalah
Rumusan masalah merupakan pernyataan lengkap mengenai ruang lingkup pembahasan yang dinyatakan dalam bentuk pertanyaan yang ingin dicari jawabannya. Rumusan masalah ditulis berdasarkan identifikasi dan pembatasan masalah yang dilahirkan dari latar belakang masalah. Agar mudah diukur, perumusan sebaiknya dibuat rumusan masalah umum dan masalah khusus.

C.     Tujuan dan Manfaat
Tujuan pembahasan merupakan sasaran yang akan dicapai untuk menjawab rumusan masalah. Tujuan pembahasan biasanya untuk mendeskripsikan (menggambarkan), menguraikan, menjelaskan, atau memperoleh solusi pemecahan. Adapun manfaat merupakan kegunaan setelah masalah dapat dibahas atau dijawab.

D.    Prosedur Pemecahan Masalah
Prosedur pemecahan masalah merupakan langkah yang ditempuh dalam rangka menjawab masalah. Biasanya penulis mengemukakan metode yang digunakan seperti studi literatur atau studi pustaka.

BAB II PEMBAHASAN
Jawaban terhadap Rumusan Masalah
Pembahas menyajikan alternatif dan pilihan jawaban beserta alasan mengapa memilih alternatif tersebut. Dalam hal ini penulis perlu mendemonstarsikan berbagai konsep, teori, atau strategi dalam rangka menjawab rumusan masalah. Jika penulis menyajikan berbagai teori, pandangan para pakar, atau hasil penelitian terdahulu, maka harus dijelaskan posisi materi yang dibahas, sehingga sintesis dan evaluasinya tepat. Selanjutnya jika penulis menyajikan inovasi atau terobosan yang kreatif, maka perlu membandingkan dengan temuan terdahulu, sehingga jelas letak inovasinya.

BAB III SIMPULAN DAN SARAN
A.     Simpulan
Simpulan merupakan abstraksi/kristalisasi bagi pembahasan yang berguna untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan. Simpulan hendaknya didasarkan kepada rumusan masalah sehingga bermakna. Simpulan sebaiknya ditulis dalam bentuk essai.

B.     Saran
Saran merupakan masukan konstruktif untuk perbaikan dan atau peningkatan kinerja kepada pihak-pihak terkait berdasarkan simpulan. Saran sebaiknya operasional, jelas, dan konkrit langkah-langkahnya.

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN



No comments:

Post a Comment

Post a Comment